Return to site

5 Macam Buah Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

September 25, 2020

Para penderita diabetes diarahkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang manis itu memang benar adanya. Tetapi, bukan berarti penderita diabetes tidak diperbolehkan memakan buah yang memiliki rasa manis. Buah memiliki vitamin yang diperlukan untuk tubuh. Maka dari itu, meskipun Anda saat ini menyandang status sebagai penderita diabetes harus tetap berani dalam mengkonsumsi buah yang baik untuk tubuh Anda. Yang membedakan dengan orang yang tidak memiliki penyakit diabetes adalah, konsumsi buah harus sesuai dengan batasan-batasan indeks glikemik yang aman bagi penderita diabetes. Berikut adalah beberapa macam buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Apel

Buah apel adalah buah yang masuk dalam kategori buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Rendahnya indeks glikemik pada apel ini masuk dalam daftar buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Perlu diketahui pula, apel merupakan jenis buah yang kaya akan serat dan memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, Apel merupakan buah yang lebih baik dikonsumsi dengan kulitnya karena kandungan nutrisi dan antioksidannya lebih banyak.

2. Jeruk

Jeruk juga masuk dalam daftar buah yang memiliki kadar indeks glikemik rendah. Buah yang dikenal dengan memiliki rasa manis dan asam ini cukup mudah ditemukan. Jika Anda ingin mengkonsumsi buah, Anda dapat menjadikan jeruk sebagai salah satu pilihan cemilan sehat untuk Anda yang memiliki diabetes.

3. Kiwi

Jika penderita diabetes tidak suka dengan buah yang memiliki rasa asam seperti jeruk dan apel, kiwi dapat menjadi salah satu alternatif buah yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Kiwi merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Manfaat kiwi yang paling penting adalah kombinasi kandungan air dan serat pada buah ini dapat membantu perlambatan penyerapan kadar gula dari makanan lain.

4. Alpukat

Banyak penderita diabetes yang menganggap alpukat sebagai buah yang berbahaya untuk dikonsumsi. Padahal, buah ini juga termasuk buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Alpukat juga menjadi salah satu buah yang apabila dikonsumsi secara rutin dapat membantu pencegahan diabetes. Namun, untuk alpukat yang bertujuan untuk dikonsumsi sebagai makanan penderita diabetes, jangan mengkonsumsi alpukat sebagai jus yang ditambahkan pemanis baik itu gula maupun dari krimer. Cara konsumsi terbaik dari alpukat adalah dengan mengkonsumsi secara langsung atau dibuat sebagai selai roti non-gula.

5. Buah pir

Buah pir juga termasuk salah satu buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meskipun memiliki rasa manis, indeks glikemik dari buah pir juga termasuk golongan buah yang memiliki indeks rendah. Bahkan, buah pir juga memiliki kandungan yang dapat mencegah atau mengobati diabetes.

Itulah beberapa macam buah yang dapat dikonsumsi dengan aman oleh penderita diabetes yang dapat kami berikan. Jika Anda ingin mencobanya, kami tetap menyarankan Anda untuk berkonsultasi pada dokter pribadi Anda. Karena, masing-masing penderita diabetes memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Dengan berkonsultasi dengan dokter Anda juga dapat mengetahui berapa porsi buah yang dapat Anda konsumsi dengan tepat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com