Return to site

5 Komplikasi Diabetes Yang Dapat Mengancam Lansia

July 30, 2021

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan terkait dengan kondisi kesehatan serius lainnya. Umumnya, pasien diabetes akan baru menyadari bahwa mereka memiliki komplikasi ketika pasien sudah berusia 65 tahun ke atas. Komplikasi diabetes menempatkan manula pada risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi medis serius lainnya dibandingkan pasien yang masih muda dan mereka yang melakukan manajemen diabetes dengan baik.

Ada 5 kondisi kesehatan umum yang terjadi pada pasien diabetes untuk manula yang mana komplikasi ini merupakan komplikasi yang sangat buruk dan dapat meningkatkan risiko kematian. Penyakit-penyakit tersebut diantaranya adalah Alzheimer, penyakit jantung, dan peningkatan risiko kematian.

Deteksi dini dan pengobatan kondisi kesehatan yang serius ini meningkatkan kemampuan untuk mengelola penyakit dan meningkatkan kualitas hidup. Ketika Anda mengetahui gejala mana yang harus diwaspadai, kemungkinan besar Anda dapat menghindari potensi terkena komplikasi diabetes ini sebelum menjadi parah. Berikut adalah 5 kondisi kesehatan teratas dari komplikasi diabetes yang telah kami sebutkan di atas;

1. Penyakit jantung

Penyakit jantung lebih mungkin terjadi pada manula dengan diabetes. Untuk mengetahui tentang gejala yang harus diperhatikan, tanyakan kepada dokter khusus lansia, jenis penyakit jantung apa yang lebih mungkin mereka kembangkan berdasarkan kesehatan mereka secara keseluruhan. Setelah Anda mengetahui penyakit jantung mana yang berpotensi berkembang pada lansia, Anda dapat bertanya kepada dokter tentang gejala yang harus diwaspadai. Dan jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda itu, Anda akan tahu lebih awal dan akan membantu Anda melngambil tindakan medis lebih cepat.

2. Alzheimer dan demensia

Alzheimer dan demensia dua kali lebih mungkin terjadi pada pasien diabetes. Jika Anda melihat perilaku yang tidak biasa atau masalah kognitif, segera menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter, karena mereka akan membantu Anda dalam mengevaluasi apa yang sedang terjadi pada Anda. Diagnosis dini dan pengobatan yang tepat akan meningkatkan kualitas hidup.

3. Kerusakan pada tulang

Diabetes dan kondisi terkait seperti asam urat dapat membuat perjalanan hidup menjadi lebih sulit, bahkan Anda akan menjadi lebih sulit untuk mengonsumsi makanan terutama kacang-kacangan yang identik dengan masalah asam urat. Jika hal ini tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut, maka hal ini juga dapat meningkatkan risiko kerusakan pada tulang lansia.

4. Efek samping obat

Lansia yang menjalani proses pengobatan atau perawatan diabetes akan diharuskan untuk melakukan pengobatan yang teratur dan berkelanjutan. Karena begitu banyak obat yang digunakan pada saat yang sama, lansia akan memiliki risiko lebih tinggi untuk efek samping negatif dan interaksi obat. Segera laporkan setiap efek samping negatif dan secara teratur minta dokter mereka untuk melakukan tinjauan komprehensif terhadap semua obat dan suplemen. Anda juga dapat mencari alternatif perawatan diabetes dengan mengonsumsi obat herbal diabetes DMPhas yang mana terbuat dari bahan 100% alami.

5. Komplikasi kesehatan tambahan dari diabetes

Depresi, gangguan penglihatan atau pendengaran, dan inkontinensia adalah kondisi medis tambahan yang lebih mungkin terjadi pada orang yang memiliki diabetes. Untuk itu, Anda perlu melakukan perawatan yang lebih insentif untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda meskipun Anda merupakan seorang pasien diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com