Return to site

5 Hal Ini Dapat Memicu Diabetes

September 12, 2022

Diabetes telah menjadi penyakit yang menjadi perhatian kesehatan masyarakat selama beberapa dekade terakhir. Pada tahun 1930-an ketika para ilmuwan membuat penemuan menarik bahwa penyakit ini sebenarnya dibagi menjadi dua jenis, karena beberapa pasien tidak sensitif terhadap pengobatan insulin saat itu. Meskipun semua jenis diabetes mengakibatkan kadar gula darah tinggi dalam waktu lama, diabetes tipe 1 dikatakan sebagai gangguan autoimun yang mengakibatkan penghancuran sel beta pankreas yang memproduksi insulin sehingga membuatnya bergantung pada insulin sedangkan diabetes tipe 2 tidak.

WHO menempatkan Diabetes sebagai penyakit penyebab kematian ketujuh, yang memengaruhi sebagian besar masyarakat di dunia. Oleh karena itu artikel ini bertujuan untuk membawa literatur dari peneliti yang berbeda tentang faktor genetik dan non-genetik yang terkait dengan Diabetes Tipe 2. Lalu apakah bisa seseorang yang tidak memiliki riwayat keluarga memiliki diabetes dapat memiliki diabetes? Jawabannya adalah, Iya. Berikut adalah beberapa alasannya

Faktor Non-Genetik pada Diabetes Tipe 2

Ada sejumlah faktor non-genetik yang disebutkan dalam berbagai penelitian yang berhubungan dengan diabetes tipe 2. Faktornya berkisar dari gaya hidup, makanan, polutan organik yang persisten serta ekosistem usus. Beberapa faktor ini juga secara langsung atau tidak langsung menyebabkan obesitas dan stres oksidatif yang juga diketahui terkait langsung dengan diabetes tipe 2. Alasan secara singkat akan kami berikan untuk Anda di bawah ini:

1. Faktor gaya hidup

Pola hidup seseorang berdampak pada kesehatan dan kesejahteraannya. Sejak dua dekade lalu, sejumlah perilaku telah dikaitkan dengan banyak gangguan kronis termasuk diabetes. Meskipun memiliki beberapa hasil yang bertentangan, perilaku seperti asupan alkohol, merokok, olahraga, dan jarang bergerak/olahraga telah diketahui terkait dengan diabetes tipe 2 selama beberapa dekade, namun beberapa faktor lainnya seperti stres, insomnia, dan penggunaan obat-obatan klinis tertentu seperti antibiotic juga ditemukan terkait dengan penyakit diabetes dalam beberapa tahun terakhir. Stres memiliki efek pada metabolisme glukosa melalui aktivitas aksis hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA) karena aktivasi kronis dan mekanisme sendi mempengaruhi aktivitas insulin dan dapat menyebabkan resistensi insulin dan disfungsi sel beta.

2. Makanan yang dikonsumsi

Selama beberapa dekade terakhir, nutrisi dan diet telah dianggap memainkan peran penting dalam perkembangan banyak gangguan kronis dan konsumsi makanan yang kaya akan komponen makanan tertentu seperti lemak jenuh dan konsumsi tinggi makanan cepat saji semuanya telah dikaitkan dengan diabetes tipe 2. Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti telah menggali lebih dalam untuk menemukan lebih banyak komponen makanan yang asupan atau kekurangannya yang tinggi dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

3. Struktur diet yang dilakukan

Pola diet, termasuk pola diet tradisional, sehat, Mediterania, dan Barat, baru-baru ini mendapat perhatian besar dalam evaluasi hubungan antara diet dan kesehatan. Pola diet dapat mempengaruhi kesehatan lebih dari nutrisi tertentu atau kelompok nutrisi dan identifikasi satu struktur diet yang diinginkan telah mendapat banyak perhatian dalam kesehatan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir untuk mencegah diabetes tipe 2. Jika Anda salah dalam menjalankan metode diet, ini juga dapat mengancam Anda terkena diabetes tipe 2.

4. Ketidakseimbangan lingkungan

Secara singkat, keragaman lingkungan alam, perbedaan etnis dan perbedaan lingkungan sosial seperti status ekonomi, struktur diet, gaya hidup, aktivitas fisik dan sebagainya di daerah yang berbeda, semuanya mungkin berdampak pada diabetes tipe 2 sebagian, dan dengan demikian efek terpadu dapat mengakibatkan ketidakseimbangan pada diabetes tipe 2.

5. Polusi

Jenis polusi yang dikenal dengan POPs juga dapat menjadi faktor penyebab diabetes. POPs adalah senyawa organik yang/diproduksi sebagai bahan kimia industri atau produk sampingan dan memiliki karakteristik tahan terhadap segala bentuk proses degradasi dan menemukan jalannya ke dalam jaring-jaring makanan, sehingga berpotensi menimbulkan efek pada kesehatan manusia dengan terakumulasi dalam jaringan yang mengandung lipid seperti jaringan adiposa dan beredar di dalam tubuh saat terikat pada lipid.