Return to site

5 Gejala Diabetes Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Terlambat

February 16, 2021

Memahami gejala awal diabates itu sangat penting untuk semua orang. Karena dengan memahami gejala diabetes ini Anda dapat melakukan tindakan pencegahan dini yang membantu Anda terhindari dari diabetes. Karena, ketika diabetes sudah datang pada diri Anda, ia akan sangat sulit untuk disembuhkan. Bahkan, bagi kebanyakan pasien mengalami diabetes seumur hidup dan harus lebih disiplin dalam melakukan manajemen perawatan diabetes agar ia tetap sehat. Jika Anda saat ini bukan pasien diabetes dan ingin mengetahui tanda-tanda diabetes, maka Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut ini sesuai dengan informasi yang dikeluarkan oleh CDC dalam rilis yang diterbikan melalui websitenya.

1. Mudah tersinggung

Kadar gula darah yang naik dapat mengakibatkan ketidak stabilan emosi. Ketika Anda stress kadar gula darah meningkat dan Anda akan lebih mudah tersinggung ketika mendengarkan orang lain berbicara dengan Anda. Semakin Anda tersinggung, tingkat stress semakin meningkat dan gula darah juga akan semakin tidak stabil. Gula dara yang tidak stabil mengganggu peredaran darah pada otak yang juga dapat membuat pembuluh darah kaku.

2. Berat badan turun signifikan secara tiba-tiba atau tanpa ada alasan yang jelas

Diabetes umumnya dihubungkan dengan kegemukan dan obesitas, tetapi, diabetes tidak hanya dihubungkan dengan kondisi tubuh tersebut. Menurut CDC, ketika Anda mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba, itu juga dapat menandakan bahwa Anda mengalami gejala diabetes. Jadi, periksakan pada dokter ketika Anda mengalami hal tersebut.

3. Hilang tenaga dan merasa lelah

Anda yang sudah memiliki waktu istirahat yang cukup, sehari-hari tidak bekerja terlalu berat untuk menghabiskan energi, tapi Anda merasa lelah, berhati-hatilah dalam menghadapi masalah kelelahan tersebut. Tubuh Anda yang lelah terjdi karena asupan energi dalam tubuh Anda berkuarang, hal ini dikarenakan kurangnya insulin untuk mengubah kadar gula menjadi energi. Sehingga tubuh Anda memilih untuk mendapatkan energi dari zat lain yang itu dapat berimbas pada semakin lemahnya tubuh Anda.

4. Sering mengalami infeksi

Anda yang sangat rentan mengalami infeksi, cobalah untuk memeriksakan gula darah Anda dan juga periksakan potensi diabates pada diri Anda. Luka kecil yang berubah menjadi infeksi dan sulit sembuh bisa menjadi pertanda adanya risiko diabetes pada diri Anda. Maka dari itu, sebelum terlambat, lakukan pemeriksaan dan melakukan test gula darah. Dengan ini akan memberikan informasi diagnosis diabetes dini untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat.

5. Mudah haus dan lapar

Ginjal dan pankreas yang bekerja keras untuk menjaga keseimbangan tubuh Anda menghabiskan banyak energi yang tidak Anda sadari. Hal ini bisa ditandai dengan ketika Anda sering buang air kecil, mudah haus dan lapar. Jika Anda mengalami kondisi ini di saat yang bersamaan dalam beberapa minggu, segera periksakan kondisi Anda, karena bisa jadi ini dapat menjadi gejala diabetes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com