Return to site

5 Cara Menghindari Penyakit Komplikasi Yang Disertai Diabetes

July 28, 2020

Jika Anda didiagnosis menderita diabetes, Anda harus mengambil beberapa langkah pencegahan untuk mengontrol gula darah yang Anda miliki. Dengan mengendalikan diabetes, Anda dapat menghindari berbagai komplikasi kesehatan dari gula darah tinggi. Gula darah yang tidak terkontrol dapat memengaruhi jantung, saraf, mata, ginjal, dan kaki Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari komplikasi yang disebabkan oleh diabetes.

1. Makan makanan sehat untuk mengurangi berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan beberapa kilogram berat badan juga dapat menurunkan kadar gula, meningkatkan tekanan darah dan lemak darah Anda. Selain itu, makan makanan yang sehat dapat memberi Anda lebih banyak energi. Jika Anda ingin mengatur kadar gula, Anda bisa mulai dengan mengurangi gula, lemak, dan kalori yang berlebihan dari makanan Anda. Tambahkan sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan makanan rendah karbohidrat ke dalam diet Anda untuk menjaga kadar gula tetap terkendali.

2. Olahraga teratur

Anda dapat memilih olahraga apa pun yang Anda suka seperti berjalan, bersepeda, atau yoga agar tetap bugar. Olahraga teratur mengurangi risiko kardiovaskular, menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah dan menjaga berat badan Anda turun. Olahraga juga mengurangi stres yang mengatur kadar gula Anda.

3. Merawat luka dan memar

Pastikan untuk merawat setiap luka ringan dan memar dengan cepat karena diabetes meningkatkan risiko infeksi dan memperlambat proses penyembuhan. Bersihkan luka Anda dengan benar dan oleskan krim antibiotik atau perban steril untuk menutupi luka. Konsultasikan dengan dokter jika luka Anda tidak sembuh dalam beberapa hari. Tetap awasi kaki Anda setiap hari agar tidak sampai luka, bengkak, lecet atau memar.

4. Tidur yang cukup

Tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat meningkatkan nafsu makan dan berkeinginan untuk memakan makanan berkarbohidrat tinggi. Hal ini punmenjadi awal untuk meningkatkan berat badan, dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi pastikan untuk tidur 7-8 jam di malam hari. Jika Anda menderita sleep apnea, mengobatinya dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan menurunkan kadar gula darah Anda.

5. Konslutasi pada dokter Anda atau dengan mengkonsumsi obat pencegahan diabetes

Pastikan untuk mengunjungi dokter Anda setidaknya 3-4 kali dalam setahun. Jika Anda menggunakan insulin atau membutuhkan bantuan untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda, Anda mungkin perlu mengunjungi dokter Anda lebih sering. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan fisik dan mata tahunan. Anda harus diskrining pada mata, saraf, kerusakan ginjal, dan komplikasi lainnya. Kunjungi dokter gigi dua kali setahun. Jangan lupa memberi tahu penyedia layanan kesehatan Anda bahwa Anda menderita diabetes. Anda juga dapat mengkonsumsi obat pencegahan jika Anda ingin melakukan tindakan pencegahan.

Saat ini, pasien diabetes hidup lebih lama dan hidup lebih sehat dari sebelumnya. Ini dimungkinkan hanya karena upaya dan pengobatan yang tepat. Jadi jika Anda ingin menghindari komplikasi terkait diabetes, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sesering mungkin dan minum obat sesuai resep dokter Anda. Jika Anda tidak ingin mengkonsumsi obat dari dokter, Anda juga dapat mengkonsumsi obat herbal DMPhas yang terbuat dari 100% bahan herbal dari ekstrak pare dan buncis. Dikarenakan obat herbal diabetes DMPhas ini adalah obat herbal yang benar-benar herbal, Anda dapat mengkonsumsinya tanpa resep dokter namun dengan aturan pemakaian yang dianjurkan. Informasi pemesanan, silakan melakukan pemesanan obat herbal diabetes DPMhas pada halaman ini:

Ilustrasi (c) Unsplash.com