Return to site

5 Cara Agar Penderita Diabetes Tipe 1 Dapat Hidup Lebih Baik

July 14, 2020

Tidak hanya mengubah cara Anda menjalani hidup sehari-hari, tetapi juga memaksa diri menghadapi sejumlah gejala fisik dan emosional. Agar apa yang Anda alami tidak memperburuk keadaan, Anda harus selalu bangkit dan bersemangat untuk menghadapi kenyataan hari demi hari di pagi hari yang datang. Tidak ada yang akan menyangkal bahwa penyakit ini menyebalkan atau bisa berakibat fatal bagi hidup Anda. Kami percaya bahwa ada juga beberapa hal positif yang datang dengan kondisi ini. Beberapa dari mereka bahkan cukup kuat untuk menghadapi semua hal negatif yang dihadapinya. Berikut adalah beberapa cara bagi Anda yang menderita diabetes tipe 1 agar memiliki kekuatan untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik.

1. Memaksa diri untuk hidup lebih sehat

Sebagai orang yang hidup dengan diabetes, Anda tidak memiliki banyak pilihan untuk membuat pilihan yang buruk ketika berkaitan dengan kesehatan Anda. Sementara orang di sekitar Anda mungkin dapat mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau melewatkan gym tanpa menderita konsekuensinya selama beberapa dekade, Anda telah memiliki kemampuan unik untuk melihat efek dari keputusan tersebut secara real-time. Jadi, memaksa diri untuk hidup lebih sehat adalah yang akan membawa Anda pada hidup yang lebih baik.

2. Menyadarkan diri tentang pentingnya tubuh Anda

Ketika memperhatikan bagaimana perasaan Anda akan dapat menjadi perbedaan antara hidup dan mati, Anda pun cukup akrab dengan cara tubuh Anda bekerja dan bagaimana perasaan Anda ketika Anda tidak menjaganya. Anda tahu bahwa stres dapat berdampak besar pada gula Anda, sehingga Anda sangat menyadari tanda-tanda ketegangan dan kecemasan dan selalu berusaha untuk menjauhi hal tersebut. Sementara itu, orang lain mungkin memiliki apapun yang mereka butuhkan dan dapat mengabaikan sinyal yang hampir tidak terlihat yang dirasakan tubuh mereka. Mereka yang merasa stress bisa melakukan apapun tanpa peduli pada kesehatannya, namun mereka belum sadar efeknya bisa mereka rasakan belakangan. Sedangkan Anda selalu memiliki cara positif untuk menghindari stress.

3. Membuat diri Anda semakin terhubung dengan orang lain dengan mereka yang memiliki masalah yang sama

Tidak peduli siapa orang itu, sebisa mungkin buatlah hubungan dengan mereka. Ini adalah koneksi yang dibangun berdasarkan fakta bahwa tidak ada seorang pun di dunia ini yang cukup memahami perjuangan diabetes Anda dan juga diabetes lainnya. Inilah yang menyatukan ribuan orang asing untuk percakapan mendalam di halaman grup Facebook T1D. Hanya sedikit orang di dunia yang dapat berbagi koneksi langsung dengan orang yang tidak mereka kenal. Bawakah diri Anda untuk menjadi orang yang mudah bergaul dengan mereka yang memiliki masalah yang sama untuk berbagi hal positif satu sama lain.

4. Menjaga empati

Hubungan dengan orang lain itu tidak hanya berhenti pada usaha untuk berbagi kondisi Anda dengan mereka. Pengetahuan mendalam Anda tentang perjuangan dan kesulitan emosional yang Anda rasakan akan menumbuhkan rasa empati dalam diri Anda. Anda mungkin tidak menderita depresi atau kcemas atau penyakit tak kasat mata lainnya, tetapi Anda tahu bagaimana rasanya menderita dalam kesepian. Jangan biarkan hal itu terjadi pada orang lain. Tunjukkan empati Anda dan jaga agar rasa tersebut agar Anda dapat berbagi ketenangan satu sama lain.

5. Hargai hidup Anda

Sekeras apa pun usaha Anda, kematian tentu akan datang pada waktunya. Maka dari itu, jangan pernahmenyia-nyiakan hidup yang Anda miliki saat ini. Karena, pada dasarnya memang semua akan kembali kepada sang pencipta. Namun, jangan pernah menyerah untuk menjalani hidup Anda saat ini. Karena usaha Anda menunjukkan kepada orang lain yang memiliki penyakit yang sama agar mereka lebih menikmati hidup yang mereka miliki.

Ilustrasi (c) Unsplash.com