Return to site

4 Tips untuk Mengelola Diabetes Gestasional

January 20, 2022

Jika Anda didiagnosis menderita diabetes gestasional selama kehamilan, penting untuk mengetahui bahwa Anda tidak sendirian. Apakah Anda menderita diabetes sebelum hamil atau didiagnosis diabetes gestasional selama kehamilan, kunci untuk mengelola kondisi Anda tetap sama yaitu dengan menjaga gula darah Anda tetap terkendali.

Perlu Anda ketahui, menjaga kadar gula darah membutuhkan kerja ekstra. Penyedia layanan kesehatan akan membantu Anda membuat rencana yang sesuai dengan hidup Anda untuk membantu menyesuaikan pola makan, gaya hidup, dan pengobatan Anda bila diperlukan. Orang yang didiagnosis dengan diabetes gestasional berada pada peningkatan risiko diabetes tipe 2 di kemudian hari. Oleh karena itu, Anda harus menjalani tes diabetes pada kunjungan pascapersalinan. Pastikan untuk memberi tahu penyedia perawatan sehingga Anda bisa mendapatkan pemantauan dan saran berkelanjutan tentang cara mengurangi risiko Anda. Berikut adalah lima tips untuk mengelola diabetes gestasional Anda:

1. Makan Diet Sehat

Penyedia Anda akan membuat rekomendasi untuk diet Anda, berdasarkan kebutuhan pribadi. Meskipun tidak ada satu formula ajaib, perencanaan makan dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk memastikan keseimbangan pati, buah-buahan, sayuran, protein, susu, dan lemak sehat.

2. Tetap aktif

Aktivitas fisik seperti berenang, bersepeda atau bahkan hanya berjalan kaki dapat membantu tubuh Anda mengatur kadar gula darah dengan lebih baik.

3. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Bergantung pada berat badan Anda sebelum hamil, penyedia layanan kesehatan akan memberi tahu Anda berapa banyak berat badan yang harus Anda naikkan selama kehamilan. Setelah kehamilan, kembali ke berat badan yang sehat akan membantu Anda mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

4. Ketahui Tingkat Gula Darah Anda

Untuk mengontrol gula darah Anda, Anda perlu mengujinya secara teratur, hingga empat kali sehari:

  • Hal pertama di pagi hari sebelum Anda makan (glukosa puasa)
  • Satu hingga dua jam setelah sarapan
  • Satu hingga dua jam setelah makan siang
  • Satu hingga dua jam setelah makan malam

Banyak pasien mencatat kadar gula darah mereka dalam jurnal, termasuk informasi tentang diet, olahraga, dan tidur, sehingga mereka dapat menentukan bagaimana makanan atau aktivitas tertentu memengaruhi mereka.