Return to site

4 Tips Praktis Untuk Perawatan Diabetes Mellitus

March 17, 2021

Ketika orang berbicara tentang Diabetes Mellitus, mereka menganggapnya sebagai penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi yang parah dan bahkan berujung pada kematian. Hal tersebut tidaklah salah, Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa lagi meminimalkan kemungkinan untuk menjadi orang yang dapat hidup dengan sehat dan menjauhi kemungkinan komplikasi. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup serta memperhatikan obat yang diresepkan, agar Anda dapat hidup sehat. Apapun jenis/tipe diabetes yang Anda alami, semuanya masih bisa Anda kontrol. Yang penting Anda bisa mengontrol gejalanya dan menjalani hidup sehat. Di bawah ini adalah tips-tips bermanfaat dengan harapan memberikan harapan yang lebih baik tentang penyakit Anda.

1. Jauhkan diri dari Stres

Terimalah kenyataan bahwa penyakit diabetes ini kemungkinan akan tetap bersama Anda selama sisa hidup Anda. Anda mungkin merasa sulit untuk menerima kondisi ini pada awalnya, tetapi perlu diingat bahwa stres karena situasi yang tidak dapat Anda ubah hanya akan memperburuk keadaan. Karena stress dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Karena itu, cobalah untuk tetap tenang dan belajar mengelola emosi Anda.

2. Selalu siap untuk membawa tubuh Anda lebih aktif

Menghabiskan banyak waktu untuk duduk tidak hanya akan menyebabkan obesitas, tetapi juga akan menyebabkan peningkatan kadar gula. Untuk melawan ini, Anda harus tetap aktif selama ada waktu yang dapat Anda manfaatkan. Berikan waktu untuk melakukan aktivitas fisik. Buatlah rencana olahraga seperti jalan cepat setiap pagi dan jika Anda ingin mempertimbangkan, Anda dapat bergabung dengan kelompok gym diabetes yang terdekat.

3. Jangan/berhentilah merokok

Dengan atau tanpa diabetes, kita semua tahu bahwa merokok tidak pernah baik untuk kesehatan. Apalagi kalau Anda sakit. Merokok tidak hanya meningkatkan kadar gula Anda, tetapi juga menyempitkan pembuluh darah Anda dan pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit ginjal dan kondisi lain yang dapat membuat Anda kehilangan semangat serta meningkatkan risiko komplikasi.

4. Periksa saraf secara rutin

Ada peningkatan risiko kerusakan saraf saat Anda mengalami diabetes. Ini biasanya dimulai dari kaki, inilah alasan mengapa Anda harus menjalankan perawatan kaki. Jika Anda mengalami masalah pada kaki, sebaiknya Anda mengunjungi ahli penyakit kaki yang Anda percaya, untuk menerima nasihat medis. Selain itu, lakukan tindakan pencegahan untuk menghindari luka di kaki Anda. Misalnya, jangan pernah berjalan tanpa alas kaki. Cuci kaki Anda dengan air hangat namun hindari merendam kaki dalam air panas.

Ilustrasi (c) Unsplash.com