Return to site

4 Penyakit Yang Disebabkan Karena Kerusakan Pankreas

July 31, 2020

Banyak orang yang fokus untuk menjaga kesehatan organ tubuh seperti jantung, hati dan ginjal. Namun, mereka sering kali tidak memperhatikan bagaimana kesehatan salah satu organ tubuh yang penting seperti pankreas. Padahal, pankreas merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting untuk menjaga hormon insulin dan enzim dalam tubuh Anda. Peran pankreas untuk memproduksi hormon insulin yang dapat mengubah gula menjadi energi disebut dengan Endokrin. Sedangkan fungsi pankreas untuk mengeluarkan berbagai macam enzim seperti kelenjar minyak, kelenjar mata dan sebagainya dihasilkan dari fungsi eksokrin. Dari dua peran utama tersebut, kita sudah dapat membayangkan betapa bahayanya bagi seseorang yang tidak mau menjaga kesehatan pankreas. Perlu Anda ketahui, ada beberapa penyakit ganas yang menunggu Anda ketika tidak menjaga kesehatan pankreas, diantaranya adalah:

1. Penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2

Ketika pankreas tidak dapat bekerja sebagai mana mestinya, maka ia tidak dapat dapat memproduksi hormon insulin dengan baik. Jika hormon insulin tidak dapat lagi diproduksi, maka tubuh kita akan kehilangan kendali terhadap gula darah. Semakin tinggi tingkat gula darah yang tidak dapat diubah menjadi energi, maka tubuh akan terancam terkena diabetes. Tidak tanggung-tanggung, seseorang yang tidak dapat menjaga pankreas berpotensi mengalami diabetes baik diabetes tipe satu atau pun diabetes tipe 2.

2. Penyakit Prankeatitis

Pankreatitis adalah penyakit yang disebabkan karena enzim di dalam pankreas prematur. Hal ini pun dapat menyebabkan pankreas menjadi autodigestive. Orang yang menderita pankreatitis umumnya akan merasakan rasa nyeri pada pankreas. Adapun gejala-gejala dari penyakit ini akan dimulai dengan nyeri pada perut hingga terasa sampai punggung, turunnya tekanan darah dan lain sebagainya,

3. Penyakit kanker pankreas dan tumor

Kanker merupakan salah satu macam penyakit mematikan yang dialami oleh manusia. Sering kali penderita kanker tidak menyadari dengan kehadiran penyakit ini di dalam tubuhnya. Anda yang tidak dapat menjaga kesehatan pankreas akan sangat berpotensi mengalami kanker pankreas. Tumor juga merupakan salah satu penyakit ganas, dalam dunia medis, tumor pada pankreas juga disebut dengan Insulinoma.

4. Penyakit Fibroris Kistik

Penyakit ini adalah penyakit yang terdapat pada pankreas yang disebabkan oleh masalah genetis dan mengakibatkan kelainan pada pankreas dan juga paru-paru. Hal ini dapat menjadi salah satu awal penyebab penyakit lain seperti diabetes. Penyakit ini juga dapat menjadi penyakit yang menimbulkan kematian pada penderita jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com