Return to site

4 Manfaat Buah Bagi Penderita Diabetes

October 6, 2020

Memang benar bahwa semua karbohidrat dari makanan pada akhirnya berakhir sebagai glukosa darah (alias, gula), termasuk karbohidrat dalam buah. Konon, buah memiliki dampak kadar gula darah yang jauh lebih rendah dibandingkan makanan lain seperti nasi, permen dan soda. Itu karena, seperti sayuran, buah mengandung banyak air. Perlu Anda ketahui pula, buah tidak hanya buruk untuk diabetes Anda. Buah juga bisa baik untuk Anda dan bagus untuk makanan diet yang sehat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu mengkonsumsi buah meskipun menderita diabetes:

1. Buah membantu melawan dan mencegah peradangan

Persik, plum, dan nektarin mengandung nutrisi khusus yang disebut senyawa fenolik yang memiliki sifat anti-inflamasi atau makanan kaya nutrisi yang dapat membantu melawan peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini bergerak melalui aliran darah dan kemudian ke sel-sel lemak Anda, di mana mereka mempengaruhi gen dan protein yang berbeda untuk menjadi lebih baik.

2. Buah dapat membantu mencegah diabetes tipe 2

Flavonoid adalah nutrisi yang ditemukan dalam makanan nabati terutama di berbagai jenis buah. Sebuah hasil studi yang diterbitkan pada tahun 2018 dalam jurnal kesehatan menemukan bahwa senyawa ini dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, mungkin karena nutrisi ini meningkatkan sensitivitas insulin. Studi Kesehatan Perawat yang telah lama berjalan di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak anthocyanin (pigmen yang terdapat pada blueberry berwarna biru dan stroberi merah) lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes tipe 2 daripada wanita yang mengonsumsi lebih sedikit.

3. Menurunkan berat badan dan melangsingkan

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran merupakan ide bagus untuk melangsingkan tubuh. Buah (khususnya, beri, apel, dan pir) merupakan buah lebih penting daripada sayuran jika tujuannya dalam hal penurunan berat badan jangka panjang. Temuan ini bukan anomali. Sebuah studi menyebutkan bahwa efek anti-obesitas pada buah lebih besar daripada efek pro-obesitas pada kebanyakan kasus.

4. Buah meningkatkan kesehatan

Bersama dengan sayuran, buah melindungi terhadap penyakit jantung, stroke, dan kanker lambung dan usus besar. Masukkan 30 kebiasaan baru ini ke dalam rutinitas Anda untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Buah juga membantu menangkal depresi, yang biasa terjadi pada penderita diabetes.