Return to site

4 Makanan Yang Harus Anda Hindari Untuk Mencegah Peningkatan Risiko Diabates

October 5, 2020

Makanan yang berbahaya bagi para penderita diabetes bukan hanya karena makanan manis saja. Ada banyak makanan yang juga dapat menyebabkan penderita diabetes mengalami masalah yang lebih serius. Maka dari itu, sebagai penderita diabtes tipe 2, Anda harus bisa menghindari makanan-makanan yang sifatnya dapat menambah tingkat bahaya dari diabetes yang Anda derita. Berikut adalah beberapa daftar makanan yang harus Anda hindari sebagai penderita diabetes tipe 2.

1. Karbohidrat olahan yang terdapat pada masakan

Karbohidrat olahan merupakan karbohidrat yang dihasilkan oleh makanan olahan seperti pada nasi putih atau pada aneka biji-bijian olahan. Nasi putih merupakan makanan yang memiliki nutrisi rendah namun memiliki kadar gula yang tinggi. Karbohidrat olahan ini juga merupakan zat yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga, hal ini dapat menimbulkan tingginya kadar gula darah yang tidak dapat diproses oleh insulin selama masa perawatan diri Anda untuk menjaga kesehatan meskipun sedang menderita diabetes.

2. Jauhi minuman manis

Anda yang menderita diabetes sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi minuman manis baik secara alami maupun yang mendapatkan tambahan gula. Perlu Anda ketahui, persentase seorang penikmat minuman manis dapat dalam kondisi tidak memiliki diabetes sekalipun memiliki risiko terkena diabetes tipe 2. Peningkatan risiko terhadap orang normal sudah dapat menjadi tolok ukur bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi minuman manis.

3. Daging merah serta olahannya

Daging sapi, daging kambing adalah merupakan jenis daging merah yang harus dihindari oleh penderita diabtes. Apapun olahan dari daging merah ini dapat meningkatkan risiko diabetes Anda. Untuk itu, sebagai penderita diabetes Anda dapat mulai mencari alternated dari kebutuhan Anda untuk mengkonsumsi daging merah menjadi daging baiasa seperti daging ikan, daging ayam maupun telur.

4. Lemak trans dan lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak trans maupun lemak jenuh dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 yang Anda alami. Selain dapat meningkatkan risiko diabetes, mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat ini juga dapat meningkatkan risiko kolesterol.

Itulah empat makanan yang harus Anda hindari untuk tidak meningkatkan diabetes yang Anda alami. Perlu diingat, artikel ini sebagai panduan untuk Anda dalam mengambil keputusan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dappat menanyakan kepada dokter terpercaya pilihan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com