Return to site

4 Jenis Sayuran Yang Tidak Baik Untuk Pasien Diabetes

October 6, 2021

Diabetes adalah salah satu penyakit yang belum ada obatnya. Yang dapat Anda lakukan adalah mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga kadar gula Anda tetap terkendali sepanjang hidup Anda. Kami tahu, proses ini bisa menjadi rumit dan mungkin sangat membingungkan bagi Anda. Namun, seseorang tidak dapat mengambil risiko sekecil apa pun, dalam hal kesehatan Anda, terutama pada saat dunia menghadapi pandemi dari virus corona ini.

Pasien diabetes sangat berisiko mengalami COVID, itu sebabnya disarankan untuk makan sehat dan menjauh dari pilihan yang dapat membahayakan Anda. Pasien diabetes kebanyakan menghindari makanan manis dan gorengan. Tapi, tahukah Anda, ada beberapa sayuran juga yang bisa menaikkan kadar gula darah jika Anda terlalu sering memakannya? Berikut daftar sayuran yang harus Anda hindari jika Anda merupakan pasien diabetes.

1. Kentang

Siapa yang tidak menyukai kentang? In merupakan sayuran yang sangat mudah untuk di olah menjadi makanan untuk kita konsumsi setiap hari. Namun, jenis sayuran ini tidak begitu bagus untuk pasien diabetes karena memiliki indeks glikemik yang tinggi. Saat digoreng, kentang menjadi jauh lebih berbahaya karena jumlah pati di dalamnya meningkat. Anda yang memiliki diabetes tidak boleh mengonsumsi begitu banyak karbohidrat hanya dalam sekali makan. Anda hanya boleh mengonsumsi dalam porsi kecil, itu pun jika direbus.

2. Jagung

Sayuran ini banyak ditanam di negara kita dan dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Tapi, jika Anda memiliki diabetes, Anda harus menghilangkan makanan ini dari diet Anda. Karena jagung mengandung kalori tinggi dengan jumlah serat yang sangat sedikit. Hal ini membuat jagung cukup berbahaya untuk Anda. Bahkan jika Anda mengonsumsinya sesekali, pastikan untuk memakannya dengan protein dan makanan berserat tinggi.

3. Kacang polong

Meskipun kacang polong merupakan sayuran hijau, namun kacang polong juga merupakan salah satu makanan paling bertepung. Dikemas dengan berbagai jenis makanan, orang dengan masalah gula darah harus menghindarinya sebisa mungkin. Jika Anda menginginkannya, makanlah kacang polong dalam porsi yang sangat kecil, itu juga dalam bentuk sup.

4. Labu Mentega

Sebagian besar dikenal sebagai labu butternut atau labu manis dalam bahasa Inggris. Tapi, pasien diabetes harus sangat memperhatikan asupan labu mereka, karena sayuran sebagian besar mengandung karbohidrat dan sedikit serat. Kedua faktor ini membuat sayuran ini menjadi pilihan yang kurang sehat untuk pasien diabetes.