Return to site

4 Hal Yang Perlu Dilakukan Pasien Diabetes Selama Pandemi COVID-19

January 4, 2022

Jika Anda atau seseorang yang Anda cintai merupakan pasien diabetes, Anda mungkin memiliki kekhawatiran tambahan tentang bagaimana virus COVID-19 dapat memengaruhi kesehatan Anda. Kita semua tentunya harus belajar lebih banyak tentang COVID-19 setiap hari, termasuk bagaimana kondisi kesehatan kronis tertentu dapat meningkatkan keparahan penyakit seseorang. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan bagi mereka yang menderita diabetes dalam masa pandemi COVID-19 ini.

1. Pasien diabetes memiliki risiko penyakit parah dan komplikasi yang lebih tinggi

Secara keseluruhan, pasien diabetes lebih mungkin mengalami gejala dan komplikasi parah ketika terinfeksi virus apa pun, termasuk COVID-19. Pasien dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk dirawat di rumah sakit, memiliki masa rawat inap yang lebih lama, memerlukan kebutuhan yang lebih tinggi untuk masuk ICU dan intubasi jika mereka terinfeksi COVID 19.

Kematian terkait COVID-19 juga lebih tinggi pada pasien diabetes. Karena, COVID-19 juga dapat memicu manifestasi diabetes yang parah seperti ketoasidosis diabetic dan resistensi insulin yang parah pada pasien dengan atau tanpa diabetes. Manifestasi ini dan diagnosis baru diabetes mungkin karena respons peradangan parah terhadap virus, cedera sel beta atau karena penyakit kritis itu sendiri.

2. Apakah penderita diabetes lebih mungkin terkena COVID-19?

Masalah yang dihadapi pasien diabetes adalah risiko komplikasi yang lebih parah jika mereka terkena virus, bukan peluang yang lebih besar untuk benar-benar tertular. Semakin banyak kondisi kesehatan yang dimiliki seseorang, semakin tinggi risiko penyakit parah. Saat ini, tidak ada cukup bukti untuk menunjukkan apakah pasien diabetes lebih mungkin terkena COVID-19 daripada populasi umum.

3. Apa yang perlu diketahui dan diwaspadai oleh pasien diabetes?

Hal pertama adalah, sangat penting untuk memiliki obat yang cukup, terutama insulin, setidaknya selama 14 hari jika sakit atau perlu dikarantina.

Kedua, hubungi dokter Anda jika Anda berpikir Anda mungkin telah terpapar atau merasa seperti Anda mengalami gejala. Cari perhatian medis darurat jika Anda mengembangkan:

  • Kesulitan bernapas
  • Rasa sakit atau tekanan yang terus-menerus di dada
  • Gelisah
  • Ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga
  • Bibir atau wajah kebiruan

Menurut American Diabetes Association, risiko Anda sakit parah akibat COVID-19 mungkin sedikit lebih rendah jika diabetes Anda dikelola dengan baik. Orang yang sudah memiliki masalah kesehatan terkait diabetes cenderung memiliki hasil yang lebih buruk daripada orang dengan diabetes yang sehat, tidak peduli jenis diabetes apa yang mereka miliki.

4. Saran perawatan di rumah untuk pasien diabetes dengan COVID-19

Penanganan diabetes dan rawat jalan pada pasien COVID-19 berfokus pada pencegahan gula darah rendah, hiperglikemia berat, dan ketoasidosis diabetic. Obat diabetes mungkin perlu disesuaikan jika pasien tidak dapat mempertahankan asupan makanan dan cairan dan berdasarkan gula darah mereka."Hubungi dokter untuk mendiskusikan rencana hari sakit Anda, terutama jika Anda melihat tanda-tanda gejala yang memburuk. Untuk perawatan di rumah, Anda direkomendasikan hal berikut:

  • Minum banyak cairan untuk menjaga hidrasi
  • Pantau gula darah dengan cermat
  • Pantau tanda-tanda hipoglikemia atau ketoasidosis diabetic
  • Berhati-hatilah dan hubungi dokter Anda jika Anda mengalami mual, muntah, atau sakit perut bersama dengan peningkatan gula darah dan keton karena itu bisa menjadi tanda ketoasidosis diabetic.