Return to site

4 Cara Untuk Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

October 1, 2020

Mengontrol gula darah bukanlah perkara mudah, ini dapat menjadi hal yang sangat sulit bagi penderita diabetes yang masih belum peduli dengan kondisinya. Banyak penderita diabetes yang bersikap acuh terhadap kontrol gula darah dengan berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah sulitnya untuk menyembuhkan sakit yang ia derita. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena, penderita diabetes masih bisa hidup selayaknya orang normal apabila mereka mau melakukan tindakan perawatan dengan tepat. Salah satunya adalah dengan melakukan kontrol gula darah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk kontrol darah dengan baik.

1. Melakukan upaya maksimal dalam memilih makanan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengontrol gula darah adalah dengan memperhatikan apa yang kita makan. Pasalnya, makanan memberi pengaruh besar terhadap gula darah Anda. Dengan berhati-hati dalam mengkonsumsi akan dapat membantu Anda mengurangi setiap risiko yang akan Anda hadapi. Bukan berarti Anda tidak dapat mengkonsumsi makanan yang umumnya dilarang menurut masyarakat awam, namun Anda hanya perlu melakukan penyesuaian dengan kondisi diabetes yang Anda alami. Berkonsultasi pada dokter adalah cara yang paling bijak untuk memahami hal tersebut.

2. Hindari stress

Stress merupakan faktor yang dapat menaikkan kadar gula darah yang Anda miliki. Maka dari itu, selain mengkonsumsi makanan dengan porsi yang tepat, Anda juga harus bisa melepaskan diri dari kondisi stress. Jangan memikirkan penyakit yang ada pada diri Anda ketika sulit sembuh, tetapi mulailah untuk memotivasi diri Anda agar bisa menjadi senormal mungkin seperti orang yang tidak memiliki diabetes.

3. Melakukan istirahat yang cukup

Jika Anda merasa capek, hentikan aktivitas Anda, beristirahatlah untuk memulihkan tenaga Anda. Jika waktunya tidur di malam hari, tidurlah dan jangan memaksa diri untuk bergadang. Kurang istirahat akan membuat Anda lebih rentan terkena penyakit lain seperti demam dan flu. Ketika tubuh Anda semakin rentan terhadap penyakit ringan, ini akan dapat menjadi masalah serius bagi Anda di masa depan. Termasuk masalah yang berhubungan dengan komplikasi diabetes. Jadi, perbaiki kualitas waktu istirahat Anda.

4. Mengkonsumsi suplemen dan obat diabetes

Jika Anda merasa membutuhkan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh, silakan konsumsi suplemen yang sesuai dengan tubuh Anda. Pastikan suplemen yang Anda konsumsi tidak memiliki efek samping terhadap diabetes. Selain suplemen, Anda juga harus memastikan diri untuk selalu mengkonsumsi obat diabetes. Anda dapat mengkonsumsi obat diabetes dari dokter atau juga dengan mengkonsumsi obat diabetes herbal. Obat diabetes herbal yang Anda konsumsi haruslah yang sudah memiliki lisensi dari BPOM. DMPhas dapat Anda jadikan salah satu obat diabetes herbal untuk Anda yang sudah memiliki izin BPOM dan terbuat dari bahan 100% herbal dari ekstrak pare dan buncis.

Ilustrasi (c) Unsplash.com