Return to site

4 Cara Agar Pasien Diabetes Terhindar Dari Stress

January 6, 2022

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang dapat meningkatkan risiko kematian bagi pasiennya. Penyakit diabetes ini ditandai dengan gejala tingginya kadar gula dalam darah. Pada saat gula darah menumpuk dan tidak bisa diserap dengan baik ke dalam sel tubuh, kondisi ini akan menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh ringan. Kemudian, jika tidak dikontrol dengan baik untuk waktu yang lebih lama, maka akan dapat menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan nyawa pasien. Situasi ini sangat sering membuat pasien diabetes merasa stress karena ada perasaan cemas/khawatir akan masa hidupnya. Oleh sebab itu, sangat penting dan dianjurkan untuk mengelola stres bagi pasien diabetes tipe 2.

1. Rutin menjalankan olahraga

Anda akan selalu disarankan untuk berolahraga jika memiliki diabetes. Karena, olahraga akan membantu menjaga berat badan dan juga dapat menurunkan kadar gula darah. Dengan olahraga yang menyenangkan, ini juga dapat menghilangkan stress. Perlu diingat pula olahraga yang teratur adalah komponen paling penting dalam proses pengobatan diabetes. Sebab, olahraga dikatakan tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik saja, tetapi juga dapat mengalihkan pikiran dari rasa khawatir akan kondisi tubuhnya.

2. Selalu memperhatikan makanan dengan mengonsumsi makanan sehat

Pasien diabetes dikenal dengan pasien yang kesulitan untuk mengonsumsi makanan. Hingga mereka menjadi stress karena hanya dapat mengonsumsi makanan yang membosankan. Padahal, tidak harus berlebihan dalam membatasi makanan yang Anda makan. Yang paling penting adalah Anda selalu memperhatikan porsi makan dan konsumsi makanan yang sehat.

3. Meditasi

Untuk mengurangi stres, sebaiknya Anda belajar dan membiasakan untuk menjalankan teknik meditasi di rumah. Anda dapat melakukan latihan relaksasi, pernapasan, hingga yoga. Dengan melakukan meditasi, Andadapat meningkatkan kualitas psikis dan batin Anda, serta mengalihkan perhatian dari tekanan hidup.

4. Konsultasi

Hampir setiap orang pasti mengalami frustasi dan stres di hidup mereka. Sedangkan bagi pasien diabetes, stress dapat membuat kondisi semakin buruk terhadap perasaan seseorang. Apabila pasien diabetes mengalami kondisi ini selama lebih dari satu atau dua minggu, ada baiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter agar diabetes dapat dikelola lebih baik.