Return to site

3 Kiat Ngemil Sehat Bagi Penderita Diabetes

July 21, 2020

Ngemil bisa menjadi bagian penting bagi semua orang. Karena, ketika kita diam tanpa aktivitas, kita selalu ngemil sebagai teman. Akan tetapi, bagi para penderita diabetes, Anda tidak boleh sembarangan ketika ngemil. Anda harus memiliki rencana makan dan ngemil yang baik agar diabetes yang Anda derita tidak semakin mengancam kesehatan Anda. Di sini, kami akan memberikan beberapa bimbingan kepada Anda untuk tetap ngemil, namun juga disertai dengan cara yang benar agar tidak semakin membuat diabetes Anda mengancam kesehatan bahkan kehidupan Anda. Karena, ada beberapa makanan ringan/cemilan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes, dan apa saja yang harus Anda makan. Pelajari lebih lanjut tentang ngemil sehat bagi Anda para penderita diabetes berikut ini:

1. Bawa makanan sehat yang biasa Anda jangkau

Ketika Anda melihat makanan, tentu Anda akan tertarik untuk mengkonsumsi makanan tersebut secepat mungkin. Agar Anda tidak terlena dengan segala macam makanan dan cenderung membawa dampak negatif untuk kesehatan Anda. Maka dari itu, simpan camilan sehat di meja Anda, di tas Anda atau di mobil yang memang menjadi tempat-tempat termudah untuk Anda jangkau. Ketika melakukan hal ini, Anda akan cenderung memilih suguhan/camilan sehat di dekatnya.

2. Memilih makanan yang memiliki serat tinggi & sumber protein

Sebagai penderita diabetes, Anda perlu memilih camilan yang berserat tinggi seperti sayuran, buah, edamame, kacang, oatmeal dan kerupuk gandum. Serat dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah. Konsumsi makanan ini juga akan membantu Anda untuk ngemil berlebihan. Anda juga perlu menyediakan camilan yang memiliki sumber protein, seperti yogurt, keju, selai kacang, telur rebus atau sumber protein lainnya yang tidak mengandung kadar glukosa tinggi.

3. Kontrol porsi camilan

Jangan menyimpan makanan untuk teman ngemil Anda dalam jumlah banyak. Anda perlu mengontrol jumlah dan prosi camilan untuk mengurangi keinginan ngemil. Jika sebelumnya, Anda menyediakan makanan dengan jumlah besar di tempat terjangkau, Anda akan tertarik untuk mengkonsumsinya secara terus menerus. Sedangkan jika Anda membuat batasan, maka Anda juga akan ingat bahwa porsi untuk ngemil akan mencapai batasnya. Hal ini akan membantu Anda mengontrol porsi makanan ringan yang Anda konsumsi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com