Return to site

3 Jenis Tepung Alternatif Pengganti Tepung Terigu Untuk Pasien Diabetes

June 18, 2021

Jika Anda merupakan pasien diabetes, menemukan resep rendah karbohidrat yang sehat dapat menjadi tantangan. Memodifikasi resep untuk memenuhi kebutuhan Anda adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk memberikan sentuhan yang aman bagi pasien diabetes pada semua hidangan yang disajikan sehari-hari. Karena pada dasarnya, diabetes mengharuskan Anda menukar bahan seperti tepung yang kaya akan karbohidrat dengan alternatif tepung rendah karbohidrat. Beruntungnya, ada beberapa pilihan tepung yang cocok untuk pasien diabetes. Berikut adalah beberapa pilihan tepung terbaik untuk pasien diabetes yang dapat Anda jadikan alternatif untuk setiap hidangan Anda

1. Tepung almond

Tepung almond terbuat dari almond yang digiling halus dan merupakan alternatif bebas gluten yang bagus untuk dijadikan tepung biasa. Tepung almond memiliki keunggulan rendah karbohidrat dan tinggi protein, serat, dan lemak sehat untuk jantung, memberikan indeks glikemik rendah. Tepung ini memiliki rasa yang ringan dan dapat digunakan dalam banyak resep, termasuk muffin, kue, roti, dan biskuit, sebagai pengganti tepung terigu. Namun, perlu diingat bahwa ini dapat memberi makanan tekstur yang lebih padat, karena bebas gluten, yaitu protein yang memberikan elastisitas pada adonan dan membantu makanan yang dipanggang mengembang. Anda dapat mengganti 1 cangkir tepung biasa dengan 1 cangkir tepung almond untuk kebutuhan memasak Anda.

2. Tepung kelapa

Tepung kelapa adalah jenis tepung yang terbuat dari daging buah kelapa yang telah dikeringkan dan digiling. Dibandingkan dengan tepung biasa, tepung ini lebih rendah karbohidrat dan lebih tinggi serat, yang dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah untuk mendukung manajemen gula darah yang lebih baik. Tepung ini memiliki rasa yang sedikit manis dan dapat digunakan dalam berbagai resep, termasuk banyak kue, biskuit, muffin, brownies, dan roti. Namun, ingatlah untuk menyesuaikan resep Anda jika Anda menggunakan tepung kelapa sebagai pengganti tepung terigu, karena akan menyerap lebih banyak cairan dan dapat memberi makanan tekstur yang kering dan sedikit kasar. Anda membutuhkan sekitar 1/4 cangkir tepung kelapa untuk mengganti setiap secangkir tepung biasa.

3. Tepung kacang garbanzo

Terbuat dari biji garbanzo kering yang telah digiling menjadi bubuk halus, tepung ini merupakan salah satu jenis tepung pengganti yang umum untuk pasien diabetes. Karena kandungan proteinnya yang tinggi, yang dapat membantu mencegah resistensi insulin, suatu kondisi yang mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk mengatur kadar gula darah secara efisien. Tepung ini memiliki cocok untuk resep manis dan gurih seperti gorengan, roti pipih, pancake, dan kue kering. Tepung ini juga memiliki tekstur padat alami dan sifat pengikat yang kuat, menjadikannya pengganti tepung terigu vegan dan bebas gluten yang sangat baik.