Return to site

3 Hal Yang Memengaruhi kenaikan Kadar Gula

June 7, 2021

Jika Anda menderita diabetes, pemeriksaan gula darah secara teratur sangatlah penting. Pemeriksaan gula darah membantu Anda mengetahui apa yang efektif dan apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk tetap berada dalam kisaran target Anda. Terkadang, perubahan yang terjadi pada kadar gula darah terjadi seperti tidak masuk akal. Anda makan makanan seimbang, berolahraga dengan baik, dan minum obat tepat waktu, tetapi nilai kadar gula darah Anda tidak sesuai dengan upaya Anda. Apa yang membuat hal tersebut terjadi? Hal semacam ini perlu Anda tanyakan kepada dokter pilihan Anda.

Perlu Anda ketahui pula, mengelola diabetes tidak sesederhana hanya dengan makan dengan benar dan berolahraga. Banyak faktor yang memengaruhi gula darah kita, dan kita mungkin tidak menyadarinya. Berikut beberapa yang mungkin mengejutkan Anda.

1. Kurang tidur

Tidur adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan sebagian besar sel dalam tubuh kita. Jika kita kurang tidur, efeknya pun beragam dan juga dapat menimbulkan potensi penyakit selain diabetes. Namun, jika Anda memiliki diabetes, kurang tidur di malam hari juga berpengaruh terhadap kadar gula darah Anda,

2. Makan dan obat

Obat dan makanan juga dapat memberikan efek terhadap kadar gula. Jika Anda ingin mengonsumsi obat, pastikan pula Anda memiliki porsi makanan yang tepat dan juga waktu minum obat yang tepat yang dapat Anda konsumsi.

3. Kafein

Kafein merupakan salah satu zat yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jika Anda adalah orang yang suka ngopi, meskipun tanpa gula, kopi yang Anda konsumsi tersebut masih tetap memiliki pengaruh terhadap kadar gula darah Anda. Jadi, batasi sebisa mungkin atau tanyakan pada dokter kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk mengonsumsi kopi atau makanan lain yang memiliki kandungan kafein.