Return to site

11 Hal Yang Dapat Dilakukan Oleh Anda Yang Didiagnosis Pradiabetes

March 29, 2021

Saat merencanakan diet, Anda harus memprioritaskan kondisi kesehatan Anda. Karena pradiabetes dapat menyebabkan diabetes tipe 2, maka harus dicegah sesegera mungkin. Dalam hal ini, rencana diet akan sangat membantu Anda. Ketika Anda melakukan metode diet ekstrem yang tak dianjurkan, ini juga dapat menimbulkan ancaman penyakit lain. Maka dari itu, Anda harus melakukan metode diet prediabetes dengan benar. Berikut beberapa ide untuk membalikkan rencana diet prediabetes yang baik untuk Anda.

1. Kontrol berat badan Anda

Obesitas meningkatkan risiko pradiabetes. Anda perlu mengontrol berat badan Anda sesuai dengan usia, tinggi badan, dan jenis kelamin Anda. Turunkan berat badan ekstra jika memang diperlukan namun satu hal yang harus menjadi target Anda adalah untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Makanan yang seimbang

Anda perlu asupan makanan yang seimbang untuk mengontrol gula darah dalam tubuh Anda. Makanan seperti biji-bijian, gandum, beras merah, sayuran berdaun hijau, dan makanan rendah karbohidrat lainnya dapat menjadi pilihan Anda.

3. Mengonsumsi makanan yang tinggi protein

Protein seperti ikan, daging, atau buah-buahan seperti apel, blueberry, kenari atau sayuran seperti asparagus, wortel, kacang-kacangan, brokoli dapat menjadi pilihan Anda.

4. Makanan yang mengandung serat

Anda dapat meningkatkan jumlah serat dalam makanan harian Anda karena membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah.

5. Jumlah nutrisi yang tepat

Nutrisi yang tepat harus dipastikan dalam setiap makan. Anda perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan protein, vitamin, atau mineral dalam jumlah yang tepat.

6. Mengonsumsi air putih

Anda harus lebih banyak minum air putih.  Karena air putih dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh Anda.

7. Hindari makanan tidak sehat

Anda perlu menghindari makanan tertentu seperti karbohidrat olahan, lemak jenuh, pasta, pizza, gorengan, dan banyak lainnya.

8. Kurangi makanan manis

Makanan manis seperti permen, es krim, coklat, dan minuman manis lainnya harus Anda kurangi sebanyak mungkin. Selain itu, Anda perlu menghindari merokok atau alkohol.

9. Pertahankan gaya hidup sehat

Anda perlu mempertahankan gaya hidup sehat. Anda harus mengurangi stres fisik dan mental Anda.

10. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup juga penting. Karena ini dapat membantu fisik Anda lebih kuat dan mengurangi malas untuk bangun lebih pagi. Hal ini akan memberikan waktu lebih bagi Anda untuk melakukan aktivitas fisik sebelum menjalani rutinitas.

11. Olahraga

Olahraga diperlukan untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah. Anda harus jalan kaki secara teratur selama setengah jam. Ini merupakan olahraga paling sederhana yang dapat membantu Anda dalam menjaga gula darah terserap menjadi energi

Ilustrasi (c) Unsplash.com